پرونده:Bendungan air padi kali pikatan.jpg

پروندهٔ اصلی(۳٬۳۷۳ × ۵٬۴۷۲ پیکسل، اندازهٔ پرونده: ۴٫۱۲ مگابایت، نوع MIME پرونده: image/jpeg)

خلاصه

توضیح
Bahasa Indonesia: BENDUNGAN PADI Kali Pikatan adalah sungai yang penting sejak jaman Majapahit. Aliran air yang tidak pernah kering bisa mendatangkan kemakmuran dan juga bencana. Karena itu Majapahit pernah membuat bendungan di Wewe daerah Pacet. Pada jaman kolonial Kali Pikatan dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi gula yang menjadi komoditas utama eksport-nya.

Tanggal 12 Oktober 1897, Asisten Residen Mojokerto melaporkan adanya kecelakaan di proyek bendungan kali Pikatan di Desa Padi Onder-distrik/kecamatan Pugeran. Tujuh orang terkena ledakan dinamit yang digunakan untuk menghancurkan batu-batu besar di kali tersebut. Satu orang pekerja meninggal dunia dan enam orang lainnya terluka. Proyek bendungan Kali Pikatan dikerjakan mulai tahun 1897 untuk mencukupi kebutuhan air ke perkebunan tebu milik pabrik gula Pohjejer. Sawah yang disewa itu ada di sisi timur Kali Pikatan. Aliran air yang berasal dari gunung Welirang itu diperkirakan dapat digunakan untuk mengairi 6000 bauw dari saluran yang dialiran dengan saluran air Dam Padi. Bahkan bisa pula mengairi 3.400 bauw lainnya dengan membuat saluran tersier. Pembangunannya dapat diselesaikan setahun setelahnya. Sebelum dibuatkan dam Padi, warga sekitar telah berusaha memanfaatkan air Kali Pikatan. Mereka bergotong royong membendung alirannya dengan menimbunkan kayu yang diperkuat dengan tumpukan batu. Tetapi bendungan tradisional itu sering terbawa air saat debitnya meningkat pada waktu musim penghujan. Pembuatan dam Padi sesungguhnya penuh kendala. Bukan hanya kecelakaan akibat digunakannya bahan peledak saja, banjir juga sempat menghantam bangunan yang belum jadi. Untungnya material yang hilang bisa segera diganti dari batu-batu yang banyak terdapat di dasar kali tersebut. Kontur Kali Pikatan sendiri merupakan sangai dengan arus deras yang liar. Tebing di sisi kanan dan kiri yang curam itu terbentuk dari gerusan air selama bertahun-tahun. Semakin tahun semakin dalam hingga sulit untuk mengaliri sawah penduduk, terutama saat musim kemarau. Rencana teknis dam Padi dibuat oleh Dinas Irrigasi Propinsi Jawa Timur. Pelaksanaannya diserahkan pada Dinas penggairan Afedeling Brantas yang kantornya ada di barat alun-alun Mojokerto. Material batu yang digunakan diambil langsung dari batu yang banyak tersedia di sekitarnya. Ketersediaan material itu yang mempercepat proses pengerjaan bendungan yang memiliki tiga pintu air tersebut. Saluran air Padi terhubung dengan pintu air Ketintang yang dibuat oleh Bupati Kromodjojo Adinegoro. Saluran air Ketintang sudah ada sebelum dam Padi dibuat. Tetapi pintu air Ketintang itu tidak bisa berfungsi maksimal jika permukaan air Pikatan turun di musim kemarau. Dan setelah itu kesulitan di saluran Ketintang dapat diatasi hingga sawah terairi sepanjang tahunnya.

Setelah selesai, Dam Padi bisa meningkatkan hasil pertanian di kawasan Mojokerto selatan. Pun demikian pula dengan bahaya banjir yang mengancam kota Mojokerto dapat dikurangi. Air dari Kali Pikatan itu bersatu dengan aliran Kali Landean di Dinoyo dan membentuk Kali Brangkat. Besarnya jumlah air Kali Brangkal itulah yang sering mendatangkan bencana di dalam Kota Mojokerto.
English: Dam in the Pikatan River (kali Pikatan), Mojokerto Regency, East Java. Its water is used for the irrigation of paddy fields and sugar cane plantations.
تاریخ
منبع اثر شخصی
پدیدآور Adhi hendrana jayawardhana

اجازه‌نامه

من، صاحب حقوق قانونی این اثر، به این وسیله این اثر را تحث اجازه‌نامهٔ ذیل منتشر می‌کنم:
w:fa:کرییتیو کامنز
انتساب انتشار مشابه
این پرونده تحت پروانهٔ Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International منتشر شده است.
شما اجازه دارید:
  • برای به اشتراک گذاشتن – برای کپی، توزیع و انتقال اثر
  • تلفیق کردن – برای انطباق اثر
تحت شرایط زیر:
  • انتساب – شما باید اعتبار مربوطه را به دست آورید، پیوندی به مجوز ارائه دهید و نشان دهید که آیا تغییرات ایجاد شده‌اند یا خیر. شما ممکن است این کار را به هر روش منطقی انجام دهید، اما نه به هر شیوه‌ای که پیشنهاد می‌کند که مجوزدهنده از شما یا استفاده‌تان حمایت کند.
  • انتشار مشابه – اگر این اثر را تلفیق یا تبدیل می‌کنید، یا بر پایه‌ آن اثری دیگر خلق می‌کنید، می‌‌بایست مشارکت‌های خود را تحت مجوز یکسان یا مشابه با ا اصل آن توزیع کنید.


عنوان

شرحی یک‌خطی از محتوای این فایل اضافه کنید

آیتم‌هایی که در این پرونده نمایش داده شده‌اند

توصیف‌ها

source of file انگلیسی

exposure time انگلیسی

۰٫۶ ثانیه

f-number انگلیسی

۱۴

focal length انگلیسی

۱۵ میلی‌متر

ISO speed انگلیسی

۱۰۰

checksum انگلیسی

a8188c013ce07c677e05ab0c34c15f4a77aaf08d

۴٬۳۲۳٬۵۴۵ بایت

۵٬۴۷۲ پیکسل

۳٬۳۷۳ پیکسل

تاریخچهٔ پرونده

روی تاریخ/زمان‌ها کلیک کنید تا نسخهٔ مربوط به آن هنگام را ببینید.

تاریخ/زمانبندانگشتیابعادکاربرتوضیح
کنونی‏۱۲ مهٔ ۲۰۱۹، ساعت ۰۱:۰۷تصویر بندانگشتی از نسخهٔ مورخ ‏۱۲ مهٔ ۲۰۱۹، ساعت ۰۱:۰۷۳٬۳۷۳ در ۵٬۴۷۲ (۴٫۱۲ مگابایت)Adhi hendrana jayawardhanaUser created page with UploadWizard

صفحهٔ زیر از این تصویر استفاده می‌کند:

فراداده